Selamat Tinggal Pori-pori Besar

Bye Bye Big Pores

Memilik pori-pori wajah yang besar seperti kulit jeruk memang menyebalkan. Tapi dengan cara dan langkah yang tepat, kita bisa mencegah dan meminimalisasi pembesaran pori-pori di area wajah, kok!

Seiring dengan bertambahnya usia, pori-pori pada wajah-terutama pada area seputar hidung-seringkali menjadi semakin besar dan mengganggu. Biasanya, hal ini lebih terlihat pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Tapi, kita yang memiliki kulit kering juga bisa terserang masalah pembesaran pori-pori di daerah T, Lho!

Biasanya, pori-pori wajah yang membesar disebabkan oleh keturunan dari gen orang tua. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran juga bisa memperparah pembesaran pori-pori pada wajah kita. Tapi tidak perlu khawatir, kita bisa mengurangi dan mencegah pembesaran pori-pori wajah dengan melakukan rutinitas berikut:

 

  • Exfoliate daily

untuk membantu membersihkan pori-pori pada wajah, coba gunakan pembersih wajah yang mengandung scrub. Butiran srub yang terkandung pada pembersih wajah dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit yang menyumbat pori-pori. Tapi, pilih butiran scrub yang halus dan aman jika kamu akan menggunakannya setiap hari agar kelembutan dan kelembapan wajah tetap terjaga. Selain itu, hindari terlalu sering menggunakan pembersih wajah yang mengandung srub. Membersihkan wajah terlalu sering malah akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menyumbat pori. So, cukup gunakan satu sampai dua kali dalam sehari, ya!

 

  • Facial treatment

Facial treatment adalah cara yang baik untuk membersihkan kulit wajah secara seksama, sekaligus membersihkan pori-pori dengan lebih efektif jika dibandingkan dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih. Facial yang baik adalah facial yang disesuaikan dengan jenis kulit kita. Untuk itu, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dermatologis terpercaya sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perawatan facial. Selain dapat membersihkan pori, facial juga membantu meminimalisasi blackheads dan sel kulit mati yang menempel pada wajah.

 

  • Microdermabration

 Perawatan mikrodermabrasi pada wajah dapat membantu ‘mengikis’ lapisan sel kulit mati pada wajah agar kulit kita terlihat lebih halus dan rata. Proses perawatan ini juga beruna mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori dan membuat kulit kita menjadi lebih halus. Untuk mendapatkan perawatan ini, kitaharus berkonsultasi dulu dengan dermatologis terpercaya.

 

  • Use the right make up

Hindari penggunaan foundation terlalu sering pada kulit wajah yang pori-porinya terlihat besar. Foundation dapat memperparah kulit wajahmu dan dapat menyumbat pori-pori sehingga membuat kondisi wajah menjadi semakin berminyak. Jika akan menghadiri event penting yang mengharuskan penggunaan make up, gunakan foundation, concelear, bedak, danblush on dengan gerakan ke bawah. Dengan begitu, complexion wajah akan terlihat lebih halus.

 

  • Use blotting paper

Kadar minyak berlebihan pada wajah dapat memperparah pembesaran pori-pori. Selain membersihkan wajah dengan sabun pembersih maksmal dua kali dalam sehari, cobagunakan blotting paper yang dapar membantu mengurangi kadar minyak pada wajah kita setiap kali wajah terasa berminyak. Selain praktis, produk kecantikan satu ini bisa membantu kulit wajah terlihat lebih bersih dan bebas minyak.

 

  • Avoid oily moisturizer

Pelembab wajah adalah salah satu produk kecantikan yang harus kita gunakan setiap hari untuk menjaga kelembapan wajah. Tetapi, penggunaan pelembab wajah yang mengandung minyak hanya akan memperparah kondisi pori-pori yang sudah membesar. Untuk itu, pilih pelembab wajah yang oil free dan hindari penggunaan pelembab wajah secara berlebihan di daearh T.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s