TIPS RUMAH NYAMAN DAN SEJUK

Penggunaan material kaca lebar dalam desain interior rumah akan menghadirkan cahaya karena membuat ruangan terlihat lebih besar, lebih nyaman dan lebih alami.

Meningkatnya penggunaan kaca sebagai bahan dasar konstruksi rumah sejalan dengan meningkatnya produksi dan teknologi kaca itu sendiri. Awalnya, orang ragu-ragu menggunakan kaca sebagai bahan dasar konstruksi bangunan rumah karena terkesan rawan pecah. Namun seiring dengan meningkatnya kecanggihan teknologi, kaca pada jaman modern seperti saat ini dibuat lebih kuat, lebih aman dan lebih efisien dalam penggunaan energi.

Pada awalnya kaca hanya digunakan sebagai pintu dorong dan di dinding untuk membiarkan cahaya masuk serta mendapatkan gambaran visual luar ruangan. Kini, kaca banyak digunakan untuk material eksterior lainnya. Salah satu yang paling populer adalah penggunaan kaca di gedung pencakar langit. Untuk hunian, jika Anda ingin terhubung dengan dunia luar, maka gunakan dinding kaca yang besar dan furnitur kaca untuk mentransformasi ruangan luar ke dalam hunian.

Kaca sebagai elemen arsitektur eksterior antara lain ditempatkan pada bagian muka suatu gedung, atap, skywalk, pintu masuk berputar, kanopi dan winter garden. Penggunaan material kaca yang paling terkesan estetik adalah apabila diletakkan pada posisi desain dinding sebuah ruangan. Beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang samping rumah, bisa dilengkapi dengan dinding kaca lebar.

Penggunaan material kaca lebar dalam desain interior rumah akan menghadirkan cahaya karena membuat ruangan terlihat lebih besar, lebih nyaman dan lebih alami. Namun penggunaan kaca akan membuat ruangan panas karena sinar matahari akan langsung masuk ke dalam ruangan. Solusinya dengan menggunakan kaca film V-KOOL. Dengan V-KOOL akan membuat ruangan lebih adem tanpa membuat ruangan menjadi gelap. Kecuali jika Anda memang menginginkan suasana lebih gelap, karena ruangannya silau terkena pancaran sinar matahari. Tinggal pilih rentang gelap-terangnya, mulai tingkat kegelapan 40 persen – 80 persen, sesuai kebutuhan ruangan dan kondisi yang diinginkan.

Yang harus diperhatikan adalah kenyataan bahwa kaca gelap tidak selalu membuat ruangan jadi adem. Kaca gelap yang menyerap panas tinggi justru dapat membuat ruangan panas melalui radiasi.
Kaca film konvensional dan reflektif mungkin mengurangi panas, tetapi juga memblokir cahaya. Pada beberapa kasus, kaca film reflektif menolak 85 persen cahaya tampak untuk masuk ke ruangan. Hasilnya adalah interior yang gelap dan membutuhkan lampu tambahan yang tidak hanya menaikkan biaya energi namun juga bisa menambah panas.

Kaca film V-KOOL bening, tidak berwarna, menolak panas serta berteknologi spectrally selective. Kaca film spectrally selective menawarkan rasio transmisi cahaya dan penolakan panas yang tertinggi. Spectrally selective berarti kemampuan dari V-KOOL untuk memilah cahaya yang dibutuhkan masuk ruangan, sekaligus menolak panas yang tidak diinginkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menambah pencahayaan di saat matahari masih bersinar terang. Demikian pula penggunaan penyejuk udara dapat diminimalkan apabila sirkulasi udara di dalam gedung berjalan dengan baik dan membawa kesejukan alami.

V-KOOL mempunyai kaca film yang khusus dikembangkan untuk aplikasi gedung dan bangunan dengan brand yang diberi nama IQue. IQue akan memberikan solusi panas atas kebutuhan aplikasi kaca film pada gedung dan rumah Anda. Dengan IQue penampilan bangunan akan terlihat secara original. IQue menyediakan keseimbangan antara prosentase total solar heat rejection dengan emissivity value sekaligus menyediakan visible light transmission yang tinggi pada permukaan kaca.

IQue dikembangkan oleh V-KOOL dan dipasarkan dengan dibawah brand IQue untuk kebutuhan arsitektural. IQue merupakan pilihan terbaik bagi arsitek dan pemilik bangunan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s