Tips Facial Untuk Pertama Kali

Jakarta – Meski banyak wanita yang tidak bisa lepas dari perawatan kulit, namun banyak juga wanita yang menghindari facial. Tidak semua wanita berani mencoba facial di salon atau klinik kecantikan. Rasa sakit, kulit jadi berjerawat sampai terjadinya iritasi menjadi ketakutan tersendiri.

Padahal, melakukan facial sangat penting bagi kulit untuk menghilangkan sel kulit mati, membuat wajah lebih halus dan meremajakan kulit. Jika Anda belum pernah melakukannya, berikut ini tips untuk melakukan facial pertama kali.

1. Lakukan di Dokter atau Klinik Kecantikan

Lakukan perawatan facial di tempat yang memang telah dipercaya seperti di tempat praktek dokter kulit atau klinik kecantikan yang memang sudah disediakan terapis yang berpengalaman. Sebelum melakukan facial sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu masalah kulit Anda. Biarkan dokter atau terapis yang memilihkan perawatan apa yang cocok bagi kulit.

2. Hindari Facial Saat Berjerawat

Anda juga harus menganalisa kulit sendiri sebelum datang ke tempat facial. Bila Anda sedang berjerawat sebaiknya hindari dulu proses facial. Facial malah membuat jerawat meradang. Kondisi kulit yang sedang berjerawat tidak boleh banyak terkena sentuhan, pijatan apalagi proses pemencetan jerawat.

“Dengan kita memencet, menekan dan mengeluarkan jerawat bisa membuat peradangan lebih hebat. Nanahnya kan bisa ke mana-kemana. Efeknya bisa membuat bekas jerawat, karena bekas jerawat lebih susah dihilanginnya dibanding jerawatnya itu sendiri. Untuk itu, sebaiknya scrub dihindari,” ujar dr. Gloria Novelita, SpKK.

3. Facial Sakit?

Tahapan pengeluaran komedo memang bagian yang paling tidak menyenangkan dari proses facial. Tapi itu hal yang normal. Komedo di dalam kulit sulit sekali untuk dikeluarkan, diperlukan sedikit ‘pemaksaan’ agar seluruh kotoran yang ada di dalam bisa terangkat. Jika Anda tidak menyukai rasa sakit, pilih klinik kecantikan yang memiliki perawatan facial hanya menggunakan alat. Kini, sudah banyak klinik kecantikan yang mengangkat komedo menggunakan teknologi berupa alat vakum penyedot komedo.

4. Facial Dilakukan Berulang

Setelah facial tentu Anda akan melihat perbedaan pada kulit. Wajah menjadi bersih, lebih cerah, bersinar dan kencang. Namun efeknya tidak panjang. Dalam sebulan Anda harus kembali melakukan perawatan facial untuk kembali menghilangkan sel kulit mati. Hal itu karena, setiap 28 hari seharusnya kulit berganti sendiri menjadi sel kulit baru. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi berkurang, sehingga membutuhkan bantuan facial untuk membantu meremajakan. Lakukan facial sewajarnya saja, sebulan sekali atau paling banyak dua kali.

Sumber : wolipop.detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s