KEBIASAAN YANG SERING KITA LAKUKAN NAMUN MERUGIKAN KESEHATAN

6 Kebiasaan yang Dapat Merugikan Kesehatan

Beberapa kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan tanpa Anda sadari. Menyilangkan kaki saat duduk atau memakai jeans yang terlalu ketat mungkin terdengar sepele namun kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu. Ini enam kebiasaan tak sehat yang sebaiknya Anda hindari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Menyilangkan Kaki Terlalu Lama Saat Duduk

Berdasarkan penelitian, duduk dengan kaki menyilang bisa meningkatkan tekanan darah. Menyilangkan kaki saat duduk bisa meningkatkan tekanan darah systolic (tekanan ketika jantung berdetak sambil memompa darah) hingga 7 persen, dan tekanan darah dialostic (tekanan antara saat jantung berdetak dan detak berikutnya) 2 persen. Sebaiknya hindari menyilangkan kaki di lutut lebih dari 15 menit dan jangan duduk dengan posisi sama dan di tempat yang sama lebih dari 45 menit. Sesekali berdiri dan berjalanlah, baik itu ke toilet, pantry untuk mengambil minum atau sekadar menyapa rekan kerja di meja lain.

2. Tidur dengan Posisi Tengkurap Sepanjang Malam

Posisi tengkurap memang lebih memudahkan orang untuk cepat tertidur, namun tidur terlalu lama dalam posisi ini sebaiknya tidak dilakukan. Leher akan berada di posisi yang tidak alami sebagaimana anatomi tubuh asli manusia dan itu bisa mengganggu sirkulasi darah. Posisi tidur yang baik adalah celentang, atau menyamping dengan bantal guling di antara kaki sebagai sanggahan.

3. Memakai Ikat Pinggang Terlalu Kencang

Ikat pinggang yang terlalu kencang bisa mengganggu pencernaan Anda. Terlebih lagi jika dipakai terlalu lama, ikat pinggang akan menekan perut serta organ di dalamnya. Akibatnya proses pencernaan tidak berjalan dengan baik. Kenakan ikat pinggang dengan ukuran yang normal. Membuat Anda duduk dengan nyaman, tidak sulit saat membungkuk dan bisa bernapas dengan normal.

4. Langsung Meregangkan Tubuh Saat Bangun Tidur

Saat bangun tidur, yang biasa dilakukan banyak orang adalah meregangkan tubuh, atau istilah sehari-harinya ‘ngulet’. Kebiasaan ini ternyata bisa merusak persendian pada tulang belakang; mengakibatkan sakit punggung dan leher. Setelah bangun tidur, akan lebih baik bila Anda langsung bangun, berjalan di sekeliling rumah dan beraktivitas ringan seperti minum air putih atau gosok gigi.

5. Membawa Tas Tangan di Sisi yang Sama

Kebanyakan orang terbiasa membawa tas tangan atau tas yang disampirkan di bahu pada sisi yang sama. Misalnya hanya di bahu sebelah kanan atau kiri. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan ketikdakseimbangan otot dan menyebabkan nyeri juga pegal. Sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak di dalam tas dan bawa tas bergantian antara bahu kanan dan kiri agar terhindar dari cedera maupun sakit permanen pada bahu maupun punggung.

6. Memakai Jeans Terlalu Ketat

Skinny jeans atau jeans yang potongannya ketat di tubuh memang menjadi tren fashion saat ini. Namun jika terlalu sering, atau setiap hari dipakai bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Jeans ketat akan membatasi gerak tubuh Anda dan membuat aktivitas kurang nyaman dilakukan. Belum lagi jeans yang terlalu ketat juga berpotensi menghambat peredaran darah.

(sumber : wolipop.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s