KONSUMSI 7 MAKANAN INI AGAR KULIT BEBAS JERAWAT

Jakarta – Merawat kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan pemakaian produk topikal seperti krim pagi/malam, serum, sunblock atau masker. Agar kulit wajah sehat dan bebas dari gangguan seperti jerawat atau kekusaman, Anda perlu melakukan perawatan dari dalam yaitu dengan konsumsi makanan yang tepat.

Pakar diet dan nutrisi Elisa Zied yang juga penulis buku ‘Boost Energy and Look and Feel Younger in 7 Days’ mengatakan, ada tujuh makanan yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu membuat kulit jadi lebih sehat, bercahaya dan bebas masalah. Ini dia daftar makanan tersebut, seperti dikutip dari Women’s Health Mag.

1. Salmon atau Tuna

Ikan salmon dan tuna mengandung buiton, jenis vitamin B yang memproduksi asam lemak dan asam amino yang baik untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Kekurangan biotin bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

2. Biji Chia

Biji chia adalah biji dari tanaman yang masih satu famili dengan mint dan umumnya tumbuh di Amerika juga Meksiko. Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga sel membran agar menjalankan fungsinya untuk membuat kulit tetap terlindungi dari radikal bebas serta mempertahankan kelembabannya.

3. Ubi Manis

Mengonsumsi ubi manis akan menjaga kecukupan air di dalam tubuh, membuat kulit dan sel-sel lainnya terhidrasi. Ubi yang berwarna oranye juga kaya akan vitamin A yang bisa mengubah warna kulit jadi merona dan kuning langsat.

4. Almond

Diperkaya dengan vitamin E, kacang dengan rasa yang gurih ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Rajin mengunyah kacang almond tiap hari juga bisa membantu menambah ketahanan kulit terhadap efek buruk sinar matahari.

5. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan luar maupun dalam tubuh. Perlu diketahui, radikal bebas dalam jumlah besar bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit.

6. Karbohidrat Kompleks

Makanan yang diproses dan tepung putih bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan munculnya jerawat. Ganti nasi putih, mie atau pasta dengan beras merah dan jenis karbohidrat kompleks lainnya seperti roti gandum, oatmeal atau kacang-kacangan yang glikemik indeksnya rendah, sehingga bisa mengurangi jerawat.

7. Jus Jeruk Segar

Jeruk kaya akan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dan sel-sel tubuh lainnya dari kerusakan, akibat radikal bebas dari lingkungan juga dalam tubuh. Vitamin C juga membantu memperbanyak produksi kolagen, jenis protein yang penting untuk elastisitas kulit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s