Buat Cream & Masker Anti Aging Sendiri di Rumah

Beberapa tahun belakangan, dunia kecantikan dihebohkan dengan adanya teknologi antiaging berupa krim atau masker yang dianggap mampu menunda efek penuaan pada kulit. Namun, krim antiaging yang beredar di pasaran umumnyai mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya untuk kulit. Agar lebih aman, kenapa tak coba saja buat krim dan masker antiaging sederhana sendiri?

1. Krim malam antiaging

Rendam bunga calendula kering dalam air panas selama 30 menit. Kemudian lelehkan bee wax (lilin lebah) dan tambahkan minyak calendula ke dalam panci, aduk rata. Masukkan air calendula dan beberapa tetes jus lemon ke dalamnya. Aduk sampai adonan ini membentuk pasta yang lembut dan mulus. Simpan dalam wadah kedap udara. Gunakan krim ini secara teratur sebelum tidur setelah wajah dibersihkan. Pijat rahang, tulang pipi, bagian bawah mata, dahi, dan leher dengan lembut.

2. Masker alpukat

Haluskan alpukat, kemudian campur dengan telur dan blender sampai rata. Beri pijatan lembut pada rahang dan tulang pipi dengan gerakan memutar, dan biarkan mengering di wajah selama 10 menit. Saat mulai mengering, usahakan untuk menjaga masker ini tidak retak. Retaknya masker akan membuat beberapa kulit jadi kering, berkerut, dan pecah-pecah. Gunakan masker antikeriput ini dua kali seminggu. Masker bisa disimpan dan digunakan maksimal seminggu, jika disimpan di dalam tempat gelap dan dingin.

3. Masker buah antikeriput

Haluskan apel dan nanas, dan tambahkan beberapa tetes susu sampai menjadi pasta kental. Tambahkan beberapa tetes madu agar kulit jadi cerah, kencang, dan lebih muda. Gunakan krim ini ke bagian wajah dan leher. Pijat dengan lembut, dan biarkan mengering selama 15-20 menit sebelum mandi. Kemudian cuci bersih dengan air hangat. Krim ini bisa disimpan selama 2-4 hari.

4. Masker yogurt

Campurkan madu, yogurt, dan susu dalam mangkuk, kemudian oleskan pada wajah. Beri pijatan lembut dengan gerakan memutar dan biarkan mengering selama 10 menit. Cuci dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Air dingin ini berguna untuk menutup pori-pori agar kotoran tak mudah masuk.

Penulis : Christina Andhika Setyanti / female.kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s