KEBIASAAN KECIL YANG DAPAT MEMBUAT KITA SEHAT DAN PANJANG UMUR

Hidup sampai 100 tahun seakan hal yang mustahil dicapai saat ini. Namun, berkat kemajuan penelitian di bidang medis, hal tersebut menjadi memungkinkan. Agar Anda dapat melakukan perjalanan hidup sepanjang ini, kesehatan adalah hal mutlak. Berikut paparan dokter dan ahli bedah ternama Amerika Serikat, Mehmet Oz tentang kebiasaan kecil yang dapat membuat Anda sehat hingga usia 100 tahun.

Tambahkan makanan berwarna merah pada menu makan Anda

Menambahkan makanan berwarna merah tidak hanya membuat meja makan Anda terlihat lebih menarik, tetapi juga menjaga daya tahan tubuh Anda. Sayuran seperti kol merah diketahui dapat melindungi diri Anda dari kanker, sementara jus bit merah melancarkan peredaran darah Anda.

Minum secangkir teh hitam sehari

Penelitian telah membuktikan, meminum secangkir teh hitam seperti yang biasanya dilakukan orang Inggris dapat meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap serangan jantung hingga 28%.

Menelepon tanpa menggunakan fungsi phonebook

Kemampuan ponsel menyimpan nama dan nomor telepon mungkin berguna dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dapat menumpulkan fungsi otak Anda. Cara sederhana membuat otak Anda sehat dan ingatan tetap tajam adalah setidaknya menelepon seseorang tanpa menggunakan fungsi phonebook ponsel Anda.

Di toilet umum, gunakan tempat buang air kecil terdekat

Saat Anda menggunakan toilet umum, apakah Anda cendering menggunakan tempat buang air kecil paling jauh dari pintu masuk? Jika Anda menjawab ya, maka Anda tidak sendirian. Menurut teori Ahli, orang cenderung untuk menggunakan tempat buang air kecil paling jauh karena alasan privasi. Dengan kata lain, jumlah bakteri pada tempat buang air kecil terdekat adalah yang paling sedikit karena jarang digunakan.

Tangga lebih baik dari elevator

Dengan memilih menggunakan tangga ketimbang elevator, Anda telah melakukan sesuatu yang baik bagi kesehatan Anda. Namun, jika Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga itu jauh lebih baik.

Meregangkan tubuh setelah mandi air hangat

Melakukan peregangan tubuh bisa membuat tubuh Anda fit dan fleksibel. Akan jauh lebih efektif jika Anda meregangkan tubuh setelah mandi air hangat, saat otot Anda merasa rileks. Meregangkan tubuh juga akan memperbaiki postur tubuh Anda dan mencegah cedera otot.

Latihan tahan nafas

Latihan sederhana ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja untuk membuat paru-paru Anda sehat. Yang Anda perlu lakukan hanya menarik nafas panjang, menahannya selama 10 detik lalu melepaskannya secara perlahan. Rutin melakukan ini akan membuat kantung paru-paru Anda terbuka.

Mengunyah makanan setidaknya 20 kali

Mengunyah terlalu cepat tidak hanya membuat Anda tidak bisa menikmati makanan, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kebiasaan ini akan meningkatkan risiko diabetes. Jadi, nikmatilah makanan Anda dan mengunyahlah paling tidak 20 kali sebelum menelannya.

Kurangi setengah porsi camilan

Anda tidak perlu menghentikan kebiasaan makan camilan. Anda hanya perlu mengurangi setengahnya. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi jumlah kalori yang Anda makan yang otomatis akan membantu Anda mengurangi lemak tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s