CARA MENCEGAH JERAWAT MERADANG

Anda tentu tidak ingin terkena jerawat yang meradang, bukan? Berikut ini adalah beberapa cara mencegah jerawat yang meradang agar kulit wajah Anda tetap halus.

Jika wajah Anda berjerawat, bersihkan wajah Anda secara rutin terutama di area jerawat. Cuci muka sebelum dan sesudah tidur, jangan lupa pula untuk membersihkan wajah setelah Anda beraktivitas di luar rumah.

Pakailah sabun pembersih muka yang cocok dengan kulit Anda. Hindari pemakaian sabun ber-scrub, hal ini dikhawatirkan akan membuat permukaan jerawat menjadi lecet dan menyebabkan jerawat jadi meradang.

Saat membersihkan area jerawat, jangan terlalu menekan wajah agar jerawat tidak terluka/lecet dan bisa menimbulkan infeksi penyebab jerawat meradang.

Gunakan make up minimalis atau kosmetik seperlunya. Bila jerawat muncul, hindari pemakaian make up yang terlalu tebal. Saat kulit berjerawat, itu tandanya produksi minyak sedang meningkat. Make up yang terlalu tebal akan mampu menghambat pori-pori wajah, sehingga minyak dalam kulit akan terhambat dan berubah menjadi jerawat yang lain.

Bila jerawat muncul di dahi dan Anda memiliki rambut berponi, sebaiknya singkirkan dahulu poni Anda dengan cara dijepit atau diberi bando/bandana. Rambut merupakan sumber debu dan kotoran, apabila menempel di kulit tentu akan membuat kulit wajah semakin kotor dan lembab.

Jangan coba-coba memencet jerawat Anda. Memencet jerawat hanya akan menyebabkan jerawat jadi meradang. Saat dipencet, kulit wajah akan otomatis terluka. Luka ini malah akan membuat bakteri dan kotoran lebih mudah masuk ke dalam lapisan kulit, sehingga jerawat pun akan semakin parah.

Bila Anda ingin menghilangkan jerawat dengan obat atau krim jerawat, konsultasikan dengan dokter ahli agar Anda tidak salah produk. Kulit wajah adalah kulit yang sensitif, jadi Anda harus berhati-hati dalam menggunakan produk-produk tertentu. Apalagi saat ini tak sedikit orang yang mengalami jerawat yang meradang hanya karena dulu ingin menghilangkan jerawat dengan krim atau obat tertentu yang kualitasnya tidak terjamin.

Selain tip-tip tersebut, untuk mencegah peradangan jerawat, Anda juga bisa mengobati jerawat yang muncul dengan cara alami. Anda bisa menggunakan masker tomat alami atau masker mentimun yang bisa Anda buat sendiri.

Tumbuk tomat matang atau mentimun yang telah disiapkan, lalu usapkan pada wajah khususnya area jerawat. Diamkan hingga kira-kira 15 menit, lalu basuh dengan air hangat. Lakukan minimal 2 kali sehari. Jika pengobatan ini dilakukan secara rutin, masker alami ini akan menghilangkan jerawat sekaligus menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah Anda.

(sumber : anneahira.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s