5 BAHAN BERBAHAYA DI KOSMETIK ANDA

Sekarang ini banyak sekali produk kosmetik yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.Mungkin saat ini belum kelihatan efeknya.Namun untuk pemakaian jangka panjang  dan efek akumulatif, zat-zat kimia tersebut akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita.

Berikut ini adalah nama zat kimia yang biasanya terkandung dalam kosmetik. Perhatikan lah jenis kandungan dan komposisi kosmetik sebelum kalian beli dan gunakan.

1.    PARABEN
Bahan kimia ini digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Paraben bisa memicu kerusakan DNA. Paraben juga bisa memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.

2.    METHYL AND PROPYL AND BUTYL AND ETHYL PARABEN
Digunakan memperpanjang batas waktu kadaluarsa produk. Meskipun diketahui beracun, namun kandungan ini masih banyak digunakan. Efek yang mungkin terjadi adalah timbul banyak reaksi alergi dan ruam kulit.

3.    SODIUM LAURYL SULFATE (SLS)
SLS biasanya digunakan pada produk sampo untuk membersihkan dan menciptakan banyak busa. Banyak ditemukan juga pada sabun pencuci piring untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Efek yang ditimbulkan SLS  adalah rambut rontok, ketombe, reaksi alergi, dan iritasi pada kulit. SLS akan mengeluarkan zat beracun bila bercampur dengan air panas.

4.    MERKURI
Digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan.Pemakaian merkuri dapat mengakibatkan keguguran pada janin (inilah sebabnya dokter kandungan selalu melarang pasien nya untuk menggunakan kosmetik apapun pasca kehamilan), flek hitam pada wajah serta iritasi pada  kulit. Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya gagal ginjal.

5.    HIDROQUINON
Digunakan sebagai pemutih kulit. Hydroquinone adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air dan lazim digunakan dalam proses cuci cetak foto. Kemampuan hydroquinone yang luar biasa untuk menghambat pembentukan melanin. Padahal melanin berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet sehingga kita terhindar dari kanker kulit. Resiko lainnya pemakaian hidroquinon dalam jangka panjang akan mengakibatkan kemandulan.

Mulai sekarang berhati-hatilah dalam memilih kosmetik yang akan kalian gunakan. Salah-salah akan berdampak negatif di kemudian hari.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s