6 Cara Atasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Tatap Monitor

Rasa lelah, kering, bahkan pusing bisa dirasakan karyawan saat terlalu lama menatap layar komputer, laptop ataupun gadget. Sebagai wanita karir yang tak bisa lepas dari komputer, hal ini pasti pernah Anda alami. Di tengah kesibukan menyelesaikan pekerjaan, masalah tersebut bisa cukup mengganggu dan jika dibiarkan bisa menyebabkan rusaknya penglihatan. Agar kesehatan mata tetap terjaga, inilah beberapa tips atasi mata lelah karena terlalu lama berhadapan dengan layar monitor:

1. Istirahat Sejenak

Cara paling mudah untuk menghindari mata lelah karena terlalu sering menatap komputer adalah dengan menginstirahatkannya sejenak. Di sela-sela kesibukan kerja Anda, sempatkan waktu 15 menit untuk tidak melihat layar monitor termasuk handphone sama sekali. Untuk membuat otot mata lebih rileks, fokuskan penglihatan pada sebuah objek yang jauh selama beberapa detik.

2. Pijat Mata

Jika mata benar-benar terasa lelah atau kering, Anda bisa melakukan pijatan kecil untuk membuatnya rileks. Caranya adalah dengan menutup ke dua mata kemudian tempatkan tengah telapak tangan di depannya. Sambil melakukan hal tersebut, tariklah nafas yang panjang agar pikiran menjadi lebih tenang.

3. Sering Berkedip

Sering berkedip adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Ketika tengah sibuk mengetik, intensitas kedipan mata jadi berkurang dari yang seharusnya dan membuat mata jadi kering. Kedipkanlah mata setiap 10 sampai 15 detik sekali. Cara ini juga dapat membuat penglihatan menjadi lebih tajam.

4. Gunakan Kacamata Khusus

Kacamata komputer tidak sama dengan kacamata baca. Bila pekerjaan cukup menuntut Anda untuk sering berhadapan dengan monitor dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah kacamata ini. Alat tersebut akan membantu agar penglihatan tak terlalu terbebani dan mencegah kerusakan mata. Kacamata ini bisa didapatkan di dokter mata.

5. Posisi Komputer dan Cahaya Monitor

Posisi komputer dan pencahayaan monitor juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan penglihatan. Selain membuat mata lelah, posisi dan cahaya yang kurang tepat juga bisa menyebabkan mata rusak. Atur jauh mata dengan komputer sekitar 50 – 70 cm jaraknya. Perhatikan pula agar pencahayaan tidak terlalu terang atau redup.

6. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Selain cara-cara di atas, perhatikan pula asupan makanan sehari-hari. Pastikan jika apa yang Anda konsumsi mengandung cukup vitamin A, C, dan E serta B compleks dan zink agar kesehatan mata tetap terjaga. Bila perlu, konsumsi pula suplemen tambahan jika ingin meningkatkan dan memperbaiki kualitas penglihatan.

sumber: wolipop.detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s