Kesalahan Saat Berbuka Puasa

buka puasa

Berbuka puasa merupakan waktu yang paling dinanti-nanti bagi orang yang menjalankan ibadah puasa. Terkadang banyak orang yang makan seenaknya untuk memuaskan rasa lapar dan haus mereka. Tapi kebiasaan buruk seperti itu bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa kesalahan fatal yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan yang sering dilakukan banyak orang ketika berbuka puasa.

1. Tidak mendahulukan minum air putih

Banyak orang ketika berbuka puasa langsung meminum minuman yang tidak terlalu sehat seperti sirup atau minuman es lainnya. Minuman selain air putih seperti es buah, sirup, es kelapa, atau lainnya bisa berakibat buruk bagi perut Anda yang kosong sehingga perut Anda akan merasa sakit dan mulas.

Oleh sebab itu ketika berbuka puasa dahulukanlah minum air putih, hal itu dilakukan untuk melancarkan pencernaan dan menyegarkan tubuh. Air putih merupakan air alami tanpa campuran apapun sehingga selalu baik untuk kesehatan.

2. Makan sampai kekenyangan

Karena rasa lapar yang begitu hebat setelah seharian berpuasa, banyak orang yang makan sampai kekenyangan. Tapi makan sampai kelebihan batas normal bisa berakibat buruk bagi tubuh. Perut Anda akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan karena terlalu banyak sehingga membuat perut jadi kembung dan keram.

Meskipun sangat lapar tapi alangkah baiknya Anda makan tidak sampai kekenyangan. Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita untuk berhenti makan sebelum kenyang.

3. Makan gorengan

Beberapa orang lebih memilih hidangan berminyak seperti gorengan untuk berbuka puasa. Gorengan mengandung minyak yang tidak baik jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Selain itu gorengan bersifat kasar yang tidak baik untuk lambung.

Jadi jika ingin makan gorengan sebaiknya Anda makan dulu nasi dengan sayuran, setelah itu Anda baru bisa memakan gorengan asal jangan berlebihan,

4. Teburu-buru

Tidak tenang makan ketika berbuka bisa membuat perut Anda mengalami kesulitan mencerna makanan. Sebab makanan yang Anda kunyah masih belum halus. Meskipun sangat lapar jangan terlalu cepat mengunyah makanan, cobalah setenang mungkin saat makan dan kunyahlah makanan tersebut sampai halus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s