Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Natural Remedies for Bad Breath - Solutions

Selama berpuasa, kondisi kesehatan mulut dan gigi umumnya menjadi hal utama yang diperhatikan banyak orang. Pasalnya, saat berpuasa biasanya masalah bau mulut sering terjadi.

Penyebabnya, karena asupan makan berkurang terutama asupan air minum sehingga membuat bakteri dalam mulut berkembang dan menimbulkan bau mulut. Saat berpuasa otomatis kita kurang mengonsumsi karbohidrat dan cadangan makanan dalam tubuh berkurang. Karena kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak sebagai energi.

Proses pemecahan lemak tinggi menghasilkan ketone. Zat inilah yang yang membuat bau. Memang tidak ada cara untuk menghilangkannya tapi bisa diminimalisir.

drg.M.Tryanza Maulana,MM, Sekretaris umum PROKAMI (Perhimpunan Tenaga Profesi Kesehatan Muslim Indonesia) mengatakan ada beberapa tips sederhana agar membuat gigi tetap sehat dan bau mulut bisa terhindarkan.

Berikut, tips menjaga kesehatan gigi supaya gigi kita menjadi sehat dan tidak mengganggu ibadah kita di bulan penuh lipat ganda terhadap setiap amal kebaikan :

1). Menyikat gigi minimal 2x sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur

Menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur malam harus dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan tidak dirubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies/lubang gigi.

2). Berkumur saat berwudhu

Berkumur saat wudhu dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa

3). Membaca Al Qur’an

Membaca Al Quran secara tartil (mentajwidkan huruf dan mengenal waqaf) pada saat berpuasa selain akan dibalas dengan pahala berlipat ganda juga dapat berperan sebagai suatu substituen dari proses pengunyahan yang akan mengaktifkan otot-otot lidah, bibir, dan pipi.

Dengan aktifnya otot-otot tersebut maka kelenjar liur yang terdapat di bawah lidah, dekat telinga, dan di ujung rahang bawah, juga akan lebih aktif untuk mengalirkan air liur ke dalam rongga mulut.Seperti kita ketahui bersama air liur memiliki fungsi membantu membersihkan gigi secara mekanis dan dapat melawan kuman-kuman di mulut serta mengandung protein dan mineral yang dapat melindungi gigi.

4). Perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi. Air juga ada yang mengandung fluoride yang dapat membuat gusi anda tetap lembab dan memperkuat enamel gigi. Hindari minuman yg mengandung soda dan kafein karena dapat merusak dan mewarnai gigi.

5). Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.

6). Stop kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok selain hukumnya haram juga dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya

7). Periksa gigi secara rutin

Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sumber : Kabar24.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s