Tips Rahasia Dapur yang Memudahkan Hidupmu

foto-dapur-indah

Ternyata, banyak sekali rahasia yang tesimpan dalam urusan dapur. Nggak hanya soal resep makanan — trik-trik menyimpan makanan supaya awet, memotong buah dengan mudah, atau membersihkan peralatan dapur dalam dua menit ternyata juga ada. Trik-trik ini bisa cukup membantu kamu nantinya. TS punya nih beberapa trik yang bisa kamu praktekin di rumah sendiri!

1. Tips agar tomat tidak cepat busuk

Menyimpan tomat dengan tangkai yang masih utuh akan membuat tomat tidak cepat membusuk. Tangkai yang masih menempel pada buah tomat akan menjaga kelembaban buah tersebut, mencegah udara luar untuk masuk dan melakukan oksidasi. Menyimpan tomat pada suhu kamar juga bisa membuat tomat tidak mudah membusuk.

2. Menjaga Agar Bawang Merah Dan Bawang Putih Tetap Segar

Bawang merah dan bawang putih memang dari sananya nggak cepat membusuk. Tapi kalau kamu ingin menyimpannya dalam waktu yang bahkan lebih lama seperti satu bulan – yang kamu butuhkan hanya kantong kertas. Beri lubang yang cukup banyak pada kantong kertas itu, lalu tutup dengan penjepit. Gambar bisa dilihat disini :http://www.theyummylife.com/store_onions_garlic_shallots

3. Agar Potongan Kentang Tetap Terlihat Bersih

Sebelum kamu memasaknya, rendamlah potongan-potongan kentang ke dalam air dingin. Ini akan mencegah berubahnya warna kentang menjadi kecoklatan atau keabuan — hal yang biasanya terjadi karena proses pelepasan zat tepung pada kentang.

4. Agar Buah Pisang Cepet Matang

Kamu bisa membuat buah pisang yang masih hijau jadi lebih cepat matang. Caranya cuma dengan menyimpannya ke dalam kantong kertas. Dengan ini, gas etilen pada pisang akan terkonsentrasi, dan akhirnya membantu mempercepat kematangan.

5. Menjaga Potongan Buah Agar Tidak Menguning

Selain dengan menggunangan perasan buah lemon, kamu juga bisa menggunakan madu untuk menjaga potongan buah tidak menguning. Asam sitrat dan vitamin C dalam buah lemon serta peptida dalam madu dapat memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan pencoklatan pada buah.

6. Mengupas Kentang Tanpa Menggunakan Pisau

Rebus kentang hingga matang, setelah itu angkat dan segera celupkan ke dalam air dingin. Setelah itu, kamu dapat dengan mudah melepaskan kulitnya

7. Membersihkan Buah Dan Sayuran Tanpa Bahan Kimia

Bersihkan sayuran dan buah-buahan segar dengan soda kue yang sudah dicampurkan dengan air. Gosok-gosok hingga buah-buahan dan sayuran di tanganmu bersih dari tanah, kotoran atau pestisida.

8. Mengupas Telur Lebih Cepat

Menambahkan soda kue atau cuka ke dalam rebusan telur akan membuat cangkang telur lebih mudah dikupas. Kedua zat tersebut mampu menembus cangkang telur dan membuat putih telur menjadi mudah untuk terlepas dari cangkang.

9. Mengupas Telur Lebih Cepat Dalam Jumlah Yang Banyak

Taruhlah beberapa telur rebus sekaligus dalam sebuah wadah tertutup, lalu kocoklah berulang-ulang hingga cangkang telur terihat pecah-pecah. Dengan cara ini, kita bisa lebih cepat mengupas telur daripada dengan menggunakan cara yang biasa.

10. Memisahkan Kuning Telur Dari Putih Telurnya

Memisahkan telur memang sedikit merepotkan, tapi kamu bisa mencoba dengan cara mudah ini . Pecahkan telur, lalu letakkan dalam sebuah mangkuk. Gunakan botol plastik kosong yang sedikit kaku dan dekatkan bibir botol itu pada kuning telur. Setelah itu remas botol tersebut. Saat kamu lepaskan, kuning telur dengan sendirinya akan tersedot masuk ke dalam botol.

11. Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang

Untuk mencegah keluarnya air mata, dinginkan terlebih dahulu bawang yang ingin kamu potong. Kamu juga bisa menggigit sepotong roti (dengan catatan hanya sebagian yang masuk mulut) saat memotong bawang. Ini agar roti bisa menyerap gas air mata dari bawang sebelum sampai ke hidung kita.

12. Menjaga Gula Merah Agar Tidak Mengeras

Agar gula merah atau gula aren yang kamu simpan tidak mudah menggumpal dan mengeras, cukup letakkan sepotong roti tawar di.dalamnya. Roti tawar tersebut akan menjaga gula merah agar tetap lembut dan tidak akan kotor atau berjamur.

13. Membuat Hot Chocolate Yang Enak Dengan Permen Cokelat

Kamu bisa membuat hot chocolate sendiri dengan rasa yang mirip banget dengan cokelat asli. Panaskan segelas susu putih dengan menggunakan microwave selama dua menit. Lalu tambahkan tiga hingga empat butir permen cokelat truffle dan aduk-aduk hingga merata.

14. Gunakan Pisau Yang Panas Untuk Memotong Kue

Untuk memotong kue ulang tahun dengan sempurna, gunakanlah pisau yang sudah dipanaskan sebelumnya. Caranya, rendam pisau dengan air panas, lalu keringkan dengan menggunakan lap.

15. Menyuguhkan Es Krim Dengan Menggunakan Pisau

Kalau kamu sudah bosan dengan bentuk es krim yang tergulung seperti bola, kamu bisa menggunakan pisau untuk memotongnya menjadi bentuk persegi. Masukkan sekotak es krim ke dalam panci berisi air panas selama 15-30 detik. Ambil, dan tuanglah es krim pada sebuah piring. Kamu bisa dengan mudah memotong es krim itu.

16. Memotong Keju (lembut) Tanpa Merusaknya

Saat memotong jenis keju yang lembut seperti brie atau camembert, kamu harus sangat hati-hati supaya bentuk keju itu nggak rusak. Nah, untuk menjaga keutuhannya, kamu bisa memotongnya menggunakan dental floss (benang pembersih gigi). Cara ini juga bisa digunakan untuk memotong kue atau cheese cake.

17. Membersihkan Loyang Dan Wajan Agar Tidak Berkarat

Membersihkan loyang dan penggorengan dengan menggunakan sabun secara berkala akan menimbulkan karat. Nah, kamu bisa mengakali ini dengan menggunakan garam. Gosok-gosokkan garam pada bagian yang masih terdapat sisa-sisa makanan yang menempel. Ini akan mencegah timbulnya karat di kemudian hari.

18. Menjaga Talenan Kayu Agar Selalu Nampak Baru

Gosoklah talenan kayu dengan butiran-butiran garam yang kasar, dan tambahkan perasan lemon untuk membersihkan sisa-sisa dan bau makanan yang masih menempel. Lalu olesi dengan menggunakan minyak pada permukaannya. Lakukan ini sekali dalam sebulan.

19. Menghilangkan Bau Bumbu Masakan Di Tangan

Setelah memasak, biasanya tanganmu masih tercium bau-bau bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih atau jahe. Netralisir bau bumbu yang menempel pada tanganmu dengan menggosokkan air lemon, soda kue, dan besi tahan karat ( stainless steel ). Kenapa harus pakai besi tahan karat? Karena partikel pada besi tahan karat itu bisa mengikat zat atau gas yang masih menempel pada tanganmu.

Sumber : Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s