MAKANAN SEHAT UNTUK MENGURANGI JERAWAT

Memang makanan ini tidak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk menghilangkan jerawat tetapi dengan menjaga pola makan, harapannya dapat membantu memelihara kesehatan kulit Anda dan meminimalkan pertumbuhan jerawat. Apa saja makanan yang harus Anda konsumsi untuk mencegah timbulnya jerawat semakin banyak? Perhatikan beberapa penjelasan berikut:

1. Sayuran

Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sayuran juga mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Pilihl sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti tomat dan wortel yang kaya akan kandungan vitamin A.

2. Zink

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zink yang berguna untuk membantu menghilangkan jerawat karena memiliki kemampuan untuk mengontrol hormon yang menyebabkan jerawat. Contoh makanan yang kaya akan zink antara lain seperti oyster/tiram, gandum dan produk olahannya. Satu porsi tiram ini mengandung 2 kali lipat kebutuhan zink per hari. Selain itu, zink juga membantu penyerapan vitamin A.

3. Yogurt & Kefir

Kandungan probiotik dalam yogurt dan kefir ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Saat mengonsumsi yogurt maupun kefir, tambahkan buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti blueberry untuk mendapatkan manfaat lebih banyak lagi.

4. Dark Chocolate

Siapa bilang orang yang berjerawatnya tidak boleh makan coklat? Tergantung dengan pilihannya. Pilihan terbaik adalah coklat hitam yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini akan melawan radikal bebas pada kulit wajah. Pilihlah coklat hitam dengan komposisi coklat minimal sebanyak 70% serta hindari coklat yang banyak mengandung gula.

5. Air Putih

Konsumsi air yang cukup (8 gelas per hari) memang sangat diperlukan. Cairan tubuh akan membantu membuang racun-racun yang ada pada kulit Anda melalui keringat, air seni. Racun-racun yang terbuang akan membantu menjaga kesehatan kulit.

Semoga saran ini bisa memberikan tambahan informasi untuk Anda. Ingat, bahwa saran ini bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan jerawat. Jangan patah semangat dan terus berusaha. Semoga Berhasil !

Sumber : Skin.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s